Yoga Terapi Efektif Untuk Anak Hiperaktif

543 views

Orang tua mana yang tak bahagia melihat anaknya tumbuh dengan sehat, ceria, dan selalu bergerak aktif kesana keamri. Namun, tahukan anda tidak semua anak yang selalu bergerak aktif itu normal. pernahkah anda mendengar istilah Hiperaktif atau Attention Deficit Hiperactivity Disorder (ADHD)?.

Hiperaktif adalah gangguan tingkah laku yang tidak normal, disebabkan karena disfungsi neurologis dengan gejala utama tidak mampu memusatkan perhatian. gangguan ini disebabkan oleh kerusakan kecil pada sistem saraf pusat dan otakl sehingga rentang konsentrasi penderita menjadi sangat pendek dan sulit dikendalikan. penyebab lainnya seperti temperamen bawaan, pengaruh lingkungan, malfungsi otak serta epilepsi. Bisa juga kondisi gangguan dikepala, seperti gegar otak, taruma kepala karena persalinan sulit atau pernah terbentur, infeksi, keracunan, gizi buruk, dan alergi makanan.

Lalu, terapi apa yang tepat untuk anak hiperaktif?
Terapi yang baik untuk anak-anak dengan hiperaktif adalah terapi yang dapat meningkatkan konsentrasi mereka, karena pada umumnya anak hiperaktif mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi. Salah satu terapi yang dapat meningkatkan konsentrasi pada anak hiperaktif adalah dengan YOGA.

Yoga tidak hanya dikenal sebagai olahraga yang dapat menenangkan pikiran dan menyehatkan tubuh. Namun, ternyata yoga juga memiliki manfaat sebagai media terapi bagi anak berkebutuhan khusus, seperti anak dengan Syndrome Down, Autisme, Attention-deficit/hyperactivity(ADHD), maupun cerebral palsy (CP).

Melalui yoga, anak – anak yang hiperaktif ini dimasukkan ke dalam kelompok, agar dapat berinteraksi satu sama lain dalam kelompoknya sehingga dapat meningkatkan fungsi sosialisasinya juga. Gerakan – gerakan yang ada pada yoga juga melatih anak – anak tersebut untuk menahan gerakan selama beberapa saat dan harus konsentrasi. ini baik untuk anak – anak yang hiperaktif karena dapat melatih fokus mereka. Dengan gerakan – gerakan yang simple dan disesuaikan dengan usia anak serta suasana yang enjoy akan membantu mengurangi hiperaktivitas mereka.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Katharina et.al tahun 2014 di Jerman menyebutkan bahwa anak- anak yang meneriman terapi yoga menunjukkan perilaku hiperaktif yang menurun atau berkurang serta meningkatkan performa anak hiperaktif saat disekolah.

Tidak ada Respon

Komentar ditutup.